A.
PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen merupakan proses khas yang
menggerakkan organisasi adalah sangat penting, karena tanpa manajemen yang
efektif tidak akan ada usaha yang berhasil cukup lama. Tercapai tujuan
organisasi baik tujuan ekonomi, social , politik , untuk sebagian besar
tergantung kepada kemampuan para manajer dalam organisasi yang bersangkutan. Manajemen
memberikan efektivitas pada usaha manusia.
Banyak pendapat para pakar tentang manajemen. Berbagai
pendapat tersebut saling berbeda satu sama lain walaupun terdapat unsure kesamaannya.
Dari persamaan atau perbedaan pendapat yang di sebabkan perbedaan sudut pandang
tersebut diharapkan dapat diperoleh pandangan yang jelas dan menyeluruh tentang
manajemen.
Skinner dan
Ivancevich ( 1992), menyampaikan manajemen will be the finet as the application
of palning, organizing, staffing, directing, and controlling functions inthemos
efficient manner possible two accomplish objective tives (manajemen dapat
didefinisikan sebagai penggunaan perencanaan, pengorganisasian, pengerjaan,
pengarahan, dan fungsi pengendalian dalam cara yang paling efisien
tujuan-tujuan).
Manajemen telah
banyak disebut sebagai “seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain”.
Definisi ini, yang dikemukakan oleh Mary Parker Follett, mengandung arti bahwa
para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi atau perusahaan dengan cara
mengatur orag lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau
dengan tidak melakukan pkerjaan-pekerjaan
itu sendiri. (T. Hany Handoko, 2002).
B.
Fungsi Manajemen
Didasarkan pada pengertian manajemen sebenarnya
fungsi manajemen sudah terkandung didalamnya. Dengan demikian menurut Skinner
(1999), fungsi manajemen meliputi :
- Perencanaan (Planning)
- Pengorganisasian (Organizing)
- Pengerjaan (Staffing)
- Pengarahan (directing), dan
- Pengendalian (controlling).
1. Perencanaan
(planning)
Perencanaan merupakan fungsi paling awal yang
merupakan pedoman kemana kearah mana tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan
perencanaan ini, maka dapat mengurangi ketidakpastian. Lebih bisa mengarah
perhatian pada tujuan dan lebih memudahkan dlam pengawasan. Unsure-unsur yang
perlu ada dalam perencanaan adalah :
a)
Kebijaksanaan
b)
Prosedur
c)
Kemajuan yang
diharapkan
d)
Program
Sesuai dengan tingkatan manajemen, dalam
perencanaan ada 3 macam perencanaan :
a)
Perencanaan
tingkat atas
b)
Perencanaan
tingkat menengah
c)
Perencanaan
tingkat bawah.
Rencana yang baik memerlukan syarat-syarat
sebagai berikut :
a)
Tujuan dirumusakan
dengan jelas
b)
Sifatnya harus
sederhana
c)
Luwes (Flexsible)
d)
Realistis
(dapat dilaksanakan nantinya).
Dalam perencanaan atau Planning termasuk
didalamnya adalah menentukan tujuan, strategi yang akan digunakan dan
mengembangkan perencanaan tersebut untuk koordinasi kegiatan. (Stephen P.
Robbins, 2002).
2. Pengorganisasian
(Organizing)
Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen
yang mengelompokkan orang dan memberikan tugas, menjalankan tugas misi.
3 3. Pengerjaan
(Staffing)
Pengerjaan merupakan fungsi manajemen untuk
menyeleksi, menempatkan, melatih (traning), dan mengembangkan pegawai.
4 4. Pengarahan
(directing)
Pengarahan merupakan fungsi manajemen untuk
mengarahkan dan memberikan perintah. Dalam fungsi ini termaasuk kepemimpinan,
yang merupakan bagaimana memperngaruhi kegiatan individu dan kelompok menuju
sasaran. Ada tipe-tipe kepemimpinan dalam hal ini, yaitu : otoriter, demokratis
dan laissez-faire.
Chief Executive Officecier (CE)
Partner
(accounting)
Vice
President of financial operataion
Director
of research and development
Plant manager
Plant manager
Dean (university)
Project
director
Regional coordinator (sales)
Regional coordinator (sales)
First-line supervisor
Product
manager
Chair
person of Departemen (University)
Tingkatan manajemen (Skinner, 2002)
Dari skema diatas terlihat bahwa ada 3
tingkatan manajemen yaitu:
- Executive level management/top management atau manajemen tertinggi yang termasuk kedalam golongan ini adalah anggota-anggota board of manager (dewan direksi) dan presiden perusahaan.
- Middle level management atau manajemen menengah, termasuk dalam kelompok ini ialah kepala bagian, kepala-kepala divisi, dan kepala-kelapa seksi.
- First line-level management (manajemen tingkat pertama). Termasuk kedalam golongan ini ialah kepala mandor dan mandor.
5.
Pengendalian
(Controlling)
Controlling atau pengawasan, sering
juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa
mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan
bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud mencapai tujuan yang
sudah yang sudah digariskan semula.
Fungsi yang
dilaksanakan Manajemen Menurut Pendapat Para Ahli sebagai berikut :
-
Menurut G. R. Terry mengemukakan bahwa fungsi
manajer terbagi 4 yaitu:
Planning (Perencanaan),Organizing
(Pengorganisasian), Activating (Pelaksanaa), Controlling (Pengendalian).
-
Menurut Henry Fayol, fungsi Manajer terbagi
atas :
Planning (Perencanaan), Organizing
(Pengorganisasian), Commanding, Coordinating (Pengorganisasian), Controlling
(Pengendalian).
-
Menurut S.P Siagian, fungsi Manajer terbagi
atas :
Planning (Perencanaan), Organizing
(Pengorganisasian), Motivating, Controlling (Pengorganisasian), Evaluating.
-
Menurut The Ling Gie, fungsi Manajer terbagi :
Perencanaan (Planning), Pembuat
Keputusan, Pengarahan, Pengorganisasian (Organizing), Pengendalian
(Coordinating), Penyempurnaan.
Sumber :
PANDJI
ANORAGA,S.E.,M.M : PENGANTAR BISNIS PENGELOLAAN BISNIS DALAM ERA GLOBALISASI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar